Rabu, 05 Agustus 2009

MEMAKNAI KEGAGALAN

Dukung terus sang penebar virus STOP DREAMING START ACTION Mr. Joko Susilo

STOP DREAMING START ACTION (jangan takut gagal). seperti bayi yang tak diinginkan kelahirannya, tetapi menjadi orang yang paling berguna ketika dewasa. Tamsil ini barangkali cocok untuk mengibaratkan sebuah kegagalan. Kegagalan adalah realita yang tak dipungkiri tidak pernah diinginkan kehadirannya, tetapi sering membawa hikmah yang luar biasa di balik punggungnya. Meski demikian, wajar jika tak seorangpun pernah menginginkan kegagalan menyapa dirinya. Itu karena sang hikmah tak pernah menampakkan diri tepat pada saat kegagalan menghampiri.

Gagal. Dalam kamus bahasa Indonesia artinya batal atau tidak jadi meraih sesuatu. Gagal dalam hal ini adalah setelah kita melakukan ACTION yang maksimal tetapi sesauatu yang kita inginkan tersebut batal teraih. Sebab, kegagalan yang terjadi sebelum atau tanpa usaha yang maksimal, sejatinya bukan kegagalan tapi konsekuensi logis. Sebuah keniscayaan dari lemahnya ACTION dan semangat.

KEGAGALAN MEMANG MENYAKITKAN

Betapa keringat yang telah keluar, waktu yang telah terkorbankan dan segenap usaha ternyata harus runtuh tak menghasilkan. Semua itu jelas bukan sesuatu yang langsung bisa dipersepsikan sebagai sebuah keberhasilan yang tertunda. Dimana seseorang bisa tetap tenang dan tersenyum saat melihat kemunculannya.

Karenanya diperlukan menajemen berfikir yang baik untuk mengolah shock akibat kegagalan. Harapannya agar kegagalan tersebut bisa menjadi batu loncatan menuju kesuksesan dan bukan batu yang menggelincirkan kepada keterpurukan.

Pertama, sebelum kita berusaha menghibur dengan berusaha mencari filosofi-filosofi orang sukses mengenai kegagalan, kita harus sadari bahwa kegagalan itu bagian dari takdir. Takdir yang harus kita terima karena semuanya telah terjadi. ini penting disadari karena dengan memahami sepenuh hati bahwa semua itu telah menjadi kehendak-Nya dan telah berlalu satu kekecewaan akan tertutup. Qodarullahu masya'a fa'ala. Seseorang tidak perlu kembali kemasa silam untuk mengubah keadaan. Ia hanya perlu memulai yang baru, untuk menemukan akhir seperti yang diinginkan.

Kedua, kegagalan ini bukan aib dan bukan sesuatu yang memalukan. kesalahan itu wajar. kata orang, kesalahan hanya sesuatu yang menegaskan bahwa kita masih layak disebut manusia. Persepsi ini yang membuat hati kita tenang. Mengapa? karena hantu yang paling menakutkan bagi manusia adalah tersingkapnya aib dan keburukan. Jika kegagalan dalam ber-ACTION bukan sesuatu yang tercela , maka untuk apa ditakuti? apalagi mencela kegagalan merupakan perbutan yang sama sekali tidak berguna.

ketiga, mencari berbagai filosofi untuk membangun positif thingking dalam menghadapi sebuah kegagalan. ada contoh kata-kata bijak yang bisa kita renungi darinya, diantaranya: "kegagalan adalah sukses yang tertunda"karena kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan. Tidak ada ACTION maksimal yang benar-benar mengalami kegagalan. kegagalanhanyalah lampu merah bahwa ada yang salah dalam usaha kita.

Tidak ada komentar: